Rabu, 29 Mei 2013

8. Mutiara Dari Borpoo


Florinda Tang


Tak Akan Menyerah Sebelum Mencoba

KALABAHI, BANGKIT - Florinda Tang. Gadis yang biasa disapa Rinda ini lahir dari pasangan Alm. Mesakh Tang dan Mince Tang-Tella, 28 Juli 1991. Bertumbuh dari latar belakang keluarga sederhana, sejak kecil Rinda sudah dididik untuk hidup apa adanya. Karena itu, di lingkungannya di Borpoo, ia tergolong pribadi yang tekun serta pekerja keras. Selain itu, ikatan emosianal antara ia dan ibunya sangat kuat. Dan itu semua membuahkan hasil.
Perempuan kutu buku ini tercatat pernah mewakili Kabupaten Alor untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) khususnya Materi Debat Bahasa Indonesia di Kupang. Dalam perlombaan itu, Rinda berhasil menjadi juara pertama pada dua dari empat kategori yang dilombakan yaitu Debat Bahasa Indonesia dan Lomba Seni Peran (drama). Padahal, perlombaan yang digelar selama tiga hari yakni dari tanggal 21-23 September 2011 itu melibatkan peserta dari seluruh kabupaten/kota di NTT. Sedangkan pada dua kategori lainnya, ia berhasil keluar sebagai juara kedua.
Untuk urusan organisasi, ia tidak kalah sukses. Perempuan yang telah ditinggal pergi ayahnya tahun 2004 silam itu pernah menjadi ketua kelas. Selain itu, pernah ia menjabat seksi Humas Pramuka Wira Kartika Kodim 1622 Alor selama dua periode. Ia juga sempat dipercaya menjadi salah satu Badan Pengurus Persekutuan Doa Pemuda JOY Kalabahi. Masih ada lagi. Selain ia terus dipercayakan untuk melayani Pelayanan Anak dan Remaja (PAR), ia tercatat sebagai Seksi Pelayanan Rohani di jemaatnya, Jemaat Wilayah Tenangeli.
Torehan prestasi yang ia gapai sebenarnya terinspirasi oleh lirik sebuah pujian. “Ku tak akan menyerah, pada apapun juga sebelum ku coba semua yang ku bisa, tetapi ku berserah kepada kehendak Mu, hati ku percaya Tuhan punya rencana”. Lirik lagu itu membuat Rinda terus optimis untuk berjuang meraih masa depan yang lebih cemerlang.
Rinda memang luar biasa. Perempuan jebolan SD Tabolang, 2006, dan SMP Negeri 1 Kalabahi, 2009, ini memiliki segudang potensi. Adik Ester Teliani Tang, S.Th, dan Marthen Ories Tang serta kakak Orpa Lodia Tang ini, kini masih tercatat sebagai siswi kelas XII AP1di SMK Negeri 1 Kalabahi. Namun, perjuangannya untuk mengeluarkan semua potensi yang Tuhan titipkan padanya sangat kuat. Semoga berhasil. (b1)

Kata Guru Tentang Rinda…

Deretan prestasi Rinda membuat Bangkit mampir ke sekolahnya, SMK Negeri 1 Kalabahi. Ketika disodorkan pengakuan Rinda, wali kelasnya, Ibu Nurila Galeko, BA turut membenarkan. “Dia memang mampu dan pintar. Untuk hubungan dengan kawan–kawannya di sekolah juga baik. Dia mudah berbaur dan cepat dekat dengan siapa pun. Ia juga aktif berorganisasi” sebut ibu Nurila disertai senyuman manisnya. Pada penghujung pertemuan itu, ibu Nurila mengharapkan agar Rinda dapat terus mempertahankan prestasinya agar bisa lebih baik lagi di waktu-waktu mendatang.
Wakasek Kurikulum, Ida L Laure turut membenarkan torehan prestasi yang diperoleh Rinda. Dari perbincangan dengan Laure diketahui, Rinda bersama semua pemenang LKS sebenarnya mewakili NTT pada ajang yang sama tingkat nasional di Jakarta. Namun karena informasi dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT, bahwa materi perlombaan tidak dilombakan di Jakarta, maka Dinas PPO membatalkan perwakilannya untuk bersaing di level nasional. Rinda, teruslah bersemangat untuk berkarya. (b1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar