Rabu, 29 Mei 2013

25. Aksi Puasa KUB St. Petrus Rasul Libatkan Jemaat Protestan




LIPA, BANGKIT – Kelompok Umat Basis (KUB) St. Petrus Rasul Lipa yang berlokasi di belakang gereja katolik Lipa melaksanakan aksi puasa dalam masa pra paska dengan membersihkan drainase (saluran got) sepanjang 200-an meter di Jalan Kelinci pada Jumad (23/03) pagi hingga petang.
Aksi nyata dengan melakuakan kerja fisik membersihkan lingkungan tersebut dipimpin Ketua KUB St. Petrus Rasul, Paulus Tamonob, S.Ag melibatkan seluruh umat KUB, Orang Muda Katolik (OMK) dan Ikatan Pelajar Katolik (IPK) St. Petrus Rasul dan para ibu serta bapak – bapak. Menariknya, aksi mati raga tersebut juga diikuti jemaat protestan yang tinggal satu kompleks dengan umat KUB St. Petrus Rasul.
Fransina Lobang, misalnya, merupakan jemaat Apungla, Air Kenari, namun aktif bersama umat katolik, baik para ibu dan anak – anak yang membersihkan ruas jalan dan irigasi yang tertimbun batu dan lumpur. Sedangkan para bapak dan OMK menggali dan membersihkan serta memperbaiki drainase yang rusak.
Kegiatan seharian tersebut cukup melelahkan, namun dengan semangat iman dan kebersamaan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta dinikmati banyak orang lantaran ruas jalan lipa merupakan jalan sumbu yang menghubungkan gereja, sekolah dan pasar, maka para peserta aksi nyata tersebut melaksanakannya dengan penuh sukarela, tanggungjawab dan penuh iman.
Karena menurut pandangan iman orang katolik, bahwa dengan melakukan puasa dan pantang pada hari jumad dalam masa persiapan paskah, maka paling kurang sudah mempersiapkan diri dan penyucian diri menyambut hari raya paskah guna memperingati wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus. (b4).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar