Jumat, 31 Mei 2013

37. Untrib di-Negerikan


Dina Meller – Takalapeta,S.Th


Dina Meller – Takalapeta  : “Segera Buat Forum Untuk Tindak Lanjut”


KALABAHI, BANGKIT – Wacana Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi yang hendak dinegerikan ditanggapi beragam oleh berbagai pihak. Dina Meller – Takalapeta misalnya saat dikonvirmasi oleh bangkit via ponsel mengatakan bahwa wacana tersebut berperspektif kembar; “pertama, pemerintah sangat memperhatikan pendidikan di wilayah perbatasan, berarti dia mendukung Untrib; tapi, pada sisi yang lain tersirat makna bahwa ini merupakan koreksi terhadap kita untuk menyelenggarakan pendidikan lebih dengan sungguh - sungguh, kalau tidak posisi kita bisa diganti dengan nama atau peguruan tingi lain” tegas Takalapeta. Baik atau tidak  menurutnya sebaiknya jangan terburu – buru dalam menjawab; “kembalikan pada pemilik Untrib”. Pemilik Untrib kan bukan pribadi tapi komunitas, untuk itu Dina berharap agar ini didiskusikan dengan baik terlebih dahulu oleh pihak terkait. “tetapi jangan terlalu lama; segera membuat forum untuk merespon” lanjut Dina.
Dina Takalapeta juga melanjutkan bahwa ini sesuatu yang harus digumuli bersama – sama, dan ini bukan kebijakan pribadi tetapi komunitas”. Namun yang intinya menurut Takalapeta adalah bahwa ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap daerah perbatasan. “itu peluang yang terlalu mahal harganya dan harus diambil sesegara mungkin” tegas Dina.
Ketika dikonvirmasi bahwa seandainya dibuka perguruan tinggi negeri di Kalabahi, mantan ibu bupati ini mengatakan bahwa kalau kita menganalisis jumlah peserta SMA nampaknya bagi saya sangat sulit. Akan tetapi menurutnya kalau memang berdasarkan informasi bahwa jumlah SMA sudah memadai, tidak ada salahnya itu dilakukan. “Apapun kebijakan yang diambil pemerintah daerah, yang jelas Untrin harus terus berbenah”. Apapun yang terjadi nanti baik itu mengganti nama ataupun ada kampus negeri baru tentunya Untrib ditantang untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan di masyarakat.    
Langkah yang perlu diambil oleh Untrib saat ini menurut Takalapeta adalah dengan  membentuk forum – forum akademik dengan mengumpulkan para cendikia baik di tataran kampus maupun gereja untuk menindaklanjuti hal itu. Takalapeta menambahkan bahwa Untrib harus tanggap cepat.  “Segera buat tim kaji. Kalau bisa dalam waktu dekat tim sudah harus dibentuk karena ini sudah masuk dalam alur planningnya pemerintah” lanjutnya. Dina berharap agar pernyataan tersebut bisa dijawab dengan melalaui forum – forum resmi. (b1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar