Rabu, 29 Mei 2013

18. Mengenal Sang Rektor UNTRIB


Fredik A. Kande,M.Pd



KALABAHI, BANGKIT – Munculnya Fredik Abia Kande, S.Pd, M.Pd sebagai Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi periode 2012-2016, tentu cukup menghentak publik nusa kenari termasuk civitas akademika Untrib. Maklum, lelaki berkaca mata yang akrab disapa Edi bukanlah salah satu pengajar di universitas tersebut. Ia memang dosen. Tapi bukan dosen Untrib. Ia adalah salah satu dosen andalan di Universitas Kristen Arta Wacana Kupang.
                Edi lahir di Kalabahi, 27 Februari 1976. Ia menamatkan pendidikan dasarnya di SD GMIT Mola. Sempat juga ia bersekolah di SMP Negeri Mola, namun menamatkan SMP-nya di Amfoang, Kabupaten TTS. Kalau SMA, ia menyelesaikannya di SMA Negeri Kalabahi, meski sempat bersekolah di SMA Negeri 04 Kupang.
                Gelar strata satu diselesaikannya di UKAW Kupang pada Jurusan Ilmu Pendidikan Theologi. Kalau magister ia selesaikan di Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Manajemen Pendidikan. Ia meniti karier sebagai dosen pada tahun 2010 di UKAW.
                Ia juga tercatat sebagai seorang penulis. Buku pertamanya berjudul Analisis Kebijakan Pendidikan (Konsep, Prosedur, Evaluasi Kebijakan, dan Manajemen SDM Dalam Bidang Pendidikan) yang diterbitkan oleh Digna Pustaka, Yogyakarta. Karya ilmiahnya yang berjudul Akuntabilitas dalam Manajemen Berbasis Sekolah sempat dipublikasi di Jurnal Fondasi, Lab FSP FIP Universitas Negeri Yogyakarta Vol 1 No-9/Th VIII.
                Di bidang penelitian, suami dari Pdt. Melsy Magdalena Tadji Lena, S.Th ini terbilang aktif. Pada tahun 2009 Ia pernah menjadi ketua tim peneliti pada bidang penelitian yang berjudul “Hubungan Pengetahuan tentang Standar Pendidikan, Dukungan Sesama, Lingkungan Fisik Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA/MA Negeri di Kabupatan Alor, NTT”. Pada tahun itu juga, ia kembali dipercaya menjadi ketua tim peneliti dengan judul penelitian “Akuntabilitas dalam Manajemen Berbasis Sekolah”. Pada tahun 2010, ia menjadi anggota tim peneliti dengan judul “Dampak Pemberian DAK terhadap peningkatan kinerja pendidikan di Kota Kupang”. Dalam tahun itu juga, ia kembali menjadi anggota tim peneliti dengan judul “Resonansi Implementasi Partisipasi, Transparansi, dan Akuntabilitas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 3 Kupang”.
                Selain itu, ia juga seorang editor. Satu artikel ilmiah dan delapan buku menempatkannya sebagai editor. Di antaranya; Membedah Kekuatan dan Kelemahan KTSP. Antara Kepentingan Nation dan Ancaman Disintegrasi bangsa; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Indria, Tahun Kedua. Edisi Januari–Juni; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Anak Kecil, Tahun Kedua. Edisi Januari–Juni; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Tanggung, Tahun Kedua. Edisi Januari–Juni; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Remaja, Tahun Kedua. Edisi Januari–Juni; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Indria, Tahun Kedua. Edisi Juli- Desember; Buku Pembelajaran Anak dan Remaja GMIT, Kelas Anak Kecil, Tahun Kedua, Edisi Juli–Desember; Suluh Anak dan Remaja GMIT, Kelas Tanggung, Tahun Kedua. Edisi Juli–Desember; Suluh Anak dan Remaja GMIT, Kelas Remaja, Tahun Kedua. Edisi Juli–Desember.               
                Sebagai pembicara, ia cukup berpengalaman. Ia pernah menjadi pembicara dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Akademika UKAW bekerja dengan Ormas Nasional Demokrat. Selain itu, ia tiga kali menjadi pembicara dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BPC GMKI Cabang Kupang.       
                Pengalaman-pengalamannya cukup membuat pihak Untrib terpukau. Apalagi kursi puncak di Untrib selama ini tanpa awak. Demikianlah jadinya, nama pria berkaca mata itu akhirnya dicatat sebagai Rektor Untrib yang ketiga. (b1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar