Jumat, 31 Mei 2013

52. Profil DR. Stephen Tong, BTH, DLCE (hc ), DD (hc)


Pdt. DR. Steven Tong



www.wikpedia.com – Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini. Pdt. DR. Steven Tong lahir tahun 1940 di Xiamen , Cina , dari pasangan Tong Pai Hu, seorang pria Cina kaya, dan Tan Tjien Nio (juga dikenal sebagai Dorkas Tanjowati), seorang wanita Indonesia keturunan Cina. Dalam perjalanan akibat perang di China yang berkepanjangan keluarga Tong mengalami kebangkrutan. Keluarga itu memiliki tujuh putra yaitu Tony Tong, Yohanes Tong, Petrus Tong, Kaleb Tong, Stephen Tong, Yusuf Tong, dan Sulaiman Tong, serta seorang Putri yaitu Maria Tong. Lima putera diantaranya menjadi pendeta Kristen.
Ayahnya meninggal ketika Tong dalam 3 tahun. Ibunya berjuang sendiri untuk mendorong keluarga selama masa imperialisme Jepang sekitar tahun 1942-1945 di China serta di Jawa Timur, Indonesia, tahun kemudian. Pada tahun 1949. Ketika Tong berumur 9 tahun, keluarganya pindah ke Surabaya karena pada saat itu terjadi Revolusi Cina tahun1949. Tong menganggap ibunya sebagai contoh yang bagus untuk kehidupan spiritualnya. "Ketika saya kecil, kata-kata pertama saya dengar di pagi hari adalah ibuku selalu berdoa bagi kami anak – anaknya dan menyebut nama kami satu - persatu, dan meminta Tuhan untuk membimbing kami” ujar Stephen.
Pada tanggal 9 Januari 1957, Tong dipaksa oleh ibunya untuk menghadiri konferensi pemuda, yang dilakukan oleh Seminari Alkitab Asia Tenggara di Malang. Dan pada tanggal itu juga Tong mengabdikan hidupnya kepada Yesus Kristus dalam pelayanan kebangunan rohani yang dipimpin oleh Andrew GIH. Setelah itu, Tong mulai berkhotbah dan mengajar anak-anak kecil di sekolah Kristen, serta memperkenalkan Injil kepada orang yang ia temui. Pada tahun 1960, Tong memasuki Seminari Alkitab Asia Tenggara setelah menderita penyakit yang tidak diketahui.
Stephen Tong memperoleh gelar sarjana dalam teologi (BTH) dari Seminari Alkitab Asia Tenggara (SABS) di Malang, di mana ia kemudian menjadi dosen di fakultas tersebut dan  mengajar teologi dan filsafat tahun 1964-1988. Ia juga diundang menjadi dosen tamu di China Graduate School of Theology, Cina Evangelical Seminary, Trinity College, Westminster Theological Seminary, Regent College, dan banyak lainnya. Pada tahun 1985, Tong telah diberikan sebuah gelar kehormatan Doktor Kepemimpinan Penginjilan Kristen (DLCE) gelar dari La Madrid International Academy of Leadership di Manila, Filipina. Dan pada bulan Mei 2008, ia menerima gelar kehormatan Doctor of Divinity (DD) gelar dari Westminster Theological Seminary di Philadelphia , Amerika Serikat . Sekarang, ia secara resmi disebut sebagai "Pendeta Stephen Tong, BTH, DLCE (hc ), DD (hc) "atau sederhana, dan paling sering," Pendeta Dr Stephen Tong ".
Tong telah berkhotbah sejak berusia 17 tahun dan ia resmi ditahbiskan sebagai pendeta pada tahun 1982.. Sejak tahun 2000, Tong telah memberitakan khotbah ekspositori pada Injil Yohanes , Roma , Ibrani , Yakobus dan topik lainnya di Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, dan Taipei setiap minggu. Setiap tahun, Natal dan Paskah menandai kesempatan untuk unjuk rasa penginjilan di berbagai kota. Bersama dengan  Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI), yang didirikan oleh Tong tahun 1979, ia adalah sosok penginjil yang mampu mempengaruhi ratusan ribu orang lewat khotbah dan berbagai karya tulisannya. Semasa hidupnya berbagai buku serta lagu telah terlahir darinya. Dan hingga kini ia memiliki misi untuk melayani di seluruh penjuru tanah air. (b1)

Sumber : www.wikpedia.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar