Rabu, 29 Mei 2013

19. Lautan Massa Ramaikan Pawai Paskah GAMKI Alor




KALABAHI, BANGKIT –Sebanyak 52 jemaat dari 10 denominasi kristen dan beberapa organisasi masyarakat terlibat dalam pawai paskah yang dihelat DPC GAMKI Alor, 14 April kemarin. Alhasil, peserta paskah yang tercatat dalam buku besar panitia paskah melampaui angka 2000. Jumlah itu membuktikan, hanya GAMKI yang berhasil melibatkan ribuah massa dalam sekali pawai.
                Pawai bertolak dari Jemaat GMIT Elim, Desa Tuleng, Kecamatan Lembur setelah Pdt Jontry Salukhfeto S.Th menyerahkan obor kemenangan yang ia terima dari Ketua DPC GAMKI Alor, Lim Chr Odja S.Th kepada ketua panitia, Jefta Djahasana, SH. Di simpang tiga Watatuku, 32 jemaat yang mendapat peran, menampilkan atraksi sesuai dengan peran yang diberikan. Setelah finis di alun-alun kota, penutupan pawai ditandai dengan penyerahan obor kemenangan dari ketua panitia kepada Bupati Alor untuk diteruskan kepada Ketua DPC GAMKI yang kemudian akan diberikan kepada panitia paskah tahun 2013.

Target Wisata Bertarak
Pawai paskah yang dihelat GAMKI itu, menurut Djahasana, secara perlahan akan diarahkan menjadi paket wisata arakan. “Kami menargetkan tahun 2016, target itu tercapai” sebutnya. Ia mengatakan itu karena pawai paskah yang sama telah berkembang dari tahun-tahun sebelumnya.
Model wisata itu telah berhasil dikembangkan di Larantuka. Di Larantuka, lanjutnya, setiap tahun para wisatawan berbondong-bondong ke Larantuka untuk menyaksikan pawai paskah. Dampaknya, ekonomi masyarakat khususnya pegiat ekonomi produktif masyarakat berkembang. Itu tentu akan membantu daerah.
                Sebelumnya, pantauan Bangkit, selain pawai, GAMKI telah mendahuluinya dengan beberapa kegiatan lain. Kegiatan pertama GAMKI adalah pelatihan guru-guru sekolah minggu, Pelayanan Anak dan Remaja dari tanggal 11-14 April lalu, di Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Tutbang Baru, Jembatan Hitam. Keesokan harinya, seminar bertajuk Pemuda Gereja Sebagai Agen Kesejahteraan Jemaat, dilakukan di aula jemaat Pola Tribuana Kalabahi. Sedangkan pada malamnya, GAMKI melakukan KPI di lapangan mini Kalabahi.
Satu kegiatan lain yang tidak termasuk dalam agenda GAMKI yaitu Diskusi dan Doa Untuk Negeri di aula rumah jabatan bupati. Itu merupakan permintaan dari bupati. Sebagai pembicara dalam diskusi itu adalah Gembala GKRI Jakarta Pdt Roni Mandang. Akhir dari diskusi itu, Bupati Alor Drs Simeon Th Pally bertindak sebagai pengambil kesimpulan. ( a1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar